duniaunggas.com – Penyebab kerabang telur putih dan lembek. Apakah penyebab kerabang telur putih  dan lembek? Bagaimana cara pencegahannya supaya kerabang telur menjadi normal kembali ? Kerabang telur  putih dan lembek dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu:

 Kekurangan kalsium atau vitamin D

Kerabang telur yang baik sebagian besar (40-60%) tersusun atas kalsium. Selama bertelur, puyuh membutuhkan kalsium (Ca) sampai 15 – 18 kali dari kebutuhan normal.  Dalam oviduk tidak cukup tersedia Ca, sehingga saat pembentukan kerabang telur sebagian besar diserap dari Ca bebas yang terdapat dalam plasma darah. Jika sediaan Ca di dalam tubuh puyuh tidak tercukupi, berakibat kerabang telur putih dan  lembek. Untuk mengatasi kekurangan kalsium, dapat ditambahkan grit (tepung kulit kerang) dalam ransum. Grit merupakan sumber kalsium yang baik. Selama masa grower, grit diberikan sebanyak 0,5 kg tiap 1000 ekor puyuh. Sedangkan selama masa bertelur, grit diberikan sebanyak 1,5 kg tiap 1000 ekor puyuh.

Pemberian grit dilakukan 2 kali sehari tiap minggu. Khusus selama masa bertelur, grit sebaiknya diberikan pada sore hari karena penyerapan kalsium paling baik pada malam hari. Ukuran grit yang baik adalah sekitar 2-4 mm, ukuran yang terlalu besar justru dapat mengganggu proses pencernaan. Perlu diingat juga bahwa penyerapan Ca oleh tubuh puyuh  dipengaruhi oleh kecukupan vitamin D

Suhu/ Cuaca panas

Cuaca panas menyebabkan konsumsi ransum turun sehingga puyuh tidak memperoleh nutrisi dengan cukup. Selama cuaca panas, puyuh akan mulai panting (megap-megap) sehingga mengeluarkan banyak karbondioksida (CO2). Pada pembentukan telur CO2 diperlukan untuk membentuk kalsium karbonat (CaCO3) yang berguna untuk menyusun kerabang telur. Dan menjadi penyebab kerabang telur putih  dan lebih tipis dan mudah retak. Untuk mengatasi cuaca panas, sediakan air minum dan tempat minum dalam jumlah yang cukup, buka tirai lebar-lebar, pasang kipas angin,  dan lakukan penyemprotan kandang dengan menggunakan desinfektan seperti Antisep atau Neo Antisep. Jika perlu, puyuh dipuasakan makan 1-2 jam selama cuaca panas pada siang hari untuk mengurangi panas yang dikeluarkan oleh tubuhnya.

 

Infeksi penyakit

Penyebab kerabang telur putih dan lembek juga karena penyakit adalah AI, ND, EDS dan IB. Penyakit AI dan EDS dapat menyebabkan telur tidak memiliki kerabang, pada kasus ND kualitas kerabang telur menjadi tidak normal (kasar, tipis, lembek), sedangkan IB dapat menyebabkan putih telur encer dan warna kerabang telur lebih pucat. Untuk mengatasi kasus karena infeksi penyakit lakukan program vaksinasi sesuai kondisi peternakan setempat, dengan menggunakan Vaksin yang ada dijual toko pakan atau poultry shop. ( Medivac ND Hitcher B1 atau Medivac ND Clone 45 )

 

Stres

Bunyi gaduh atau perlakuan yang kasar dapat menyebabkan puyuh kaget/ stres. Stres tersebut dapat menyebabkan proses pembentukkan kerabang telur tidak berlangsung secara sempurna. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga agar puyuh setenang mungkin selama masa bertelur

Berikan Jamu Herbal Untuk Unggas (Puyuh Dan Ayam)

Sumber ; duniaunggas.com dan berbagai sumber

 

 

About the author

admin

Leave a Comment