duniaunggas.com  –  Kebutuhan pakan puyuh sampai bertelur. Banyak teman teman yang selalu bertanya dan penasaran mengenai jumlah pakan puyuh, terutama berapakah jumlah pakan yang diperlukan puyuh umur 1 hari sampai mulai bertelur? Kebutuhan pakan puyuh sampai bertelur,  pada umumnya puyuh mulai bertelur pada umur 40 hari.  Nah yang menjadi pertanyaan adalah berapakah jumlah pakan yang dibutuhkan puyuh sampai umur 40 hari ?

Kandang Grower

Gambar : Kandang Pembesaran Atau Grower

Kalau kita melihat dan mendengar pada penjelasan yang lain dan pernyataan  yang menyatakan kebutuhan pakan puyuh mulai umur 1 hari sampai dengan umur satu bulan adalah 6 ( enam ) karung untuk tiap 1000 ekor. Itu merupakan jawaban yang benar, dan memang kebutuhan pakan puyuh selama satu  bulan mulai umur 1 hari hingga 1 bulan. Dan yang menjadi pertanyaan adalah berapakah jumlah total pakan yang diperlukan puyuh mulai dari menetas hingga mulai bertelur. Seperti yang kita ketahui bersama, puyuh akan mulai berelur pada umur 40 hari, dan akan terus meningkat produksinya seiringnya berjalan waktu, setelah puyuh berumur 50 hari keatas produksi sudah mulai diatas 70% setiap harinya.

Ok kembali ke topik pertanyaan kebutuhan pakan puyuh dari menetas sampai mulai bertelur. Jika tadi puyuh selama satu bulan membutuhkan pakan sebanyak 6 karung atau 300 kg ( 1 karung isi 50 kg ) Maka setelah puyuh berumur 1 bulan maka kita masih perlu memelihara puyuh kurang lebih 10 hari lagi untuk mulai memanen telur puyuh. Nah selama pemeliharaan yang 10 hari ini tentunya kita masih memerlukan pakan. Berapakah pakan yang diperlukan selama pemeliharaan yang 10 hari ini ?  Kebutuhan pakan puyuh umur 30 hari hingga 40 hari adalah berada sekitar 17 gr hinnga 20 gr per hari ( puyuh jenis cortunix japonica ) atau jenis lokal.

Kebutuhan Pakan puyuh Sampai Bertelur

Maka selama pemeliharaan 10 hari adalah, kita ambil nilai tengah kebutahan hariannya yaitu berada disekitar 18 gr/ ekor/ hari. Puyuh 1000 ekor X 18 gr X 10 hari

(18 gr X 1000 ekor ) X 10 hari

18.000 gr X 10 hari  = 180.000 gr

180.000 gr : 1000 = 180 Kg

Kandang Battrei Sederhana

Gambar : Kandang Battrei

Dari perkalian diatas maka kita masih memerlukan pakan tambahan untuk pemeliharaan untuk puyuh yang mulai bertelur. Namun fakta lapangan selama pemeliharaan puyuh 1000 ekor dari mulai memtas hingga umur 40 hari pakan yang diperlukan adalah sekitar  8 (delapan) hingga 9 (sembilan ) karung atau sebanyak 400 kg hingga 450 kg. Pakan yang digunakan selama pemeliharaan ini adalah pakan ayam pedaging atau pakan puyuh yang khusus untuk masa pertumbuhan.

Setalah puyuh umur 40 hari sudah muali bertelur dan pakan yang digunakan sudah bisa menggunakan pakan puyuh petelur sebanyak 100%. Kebutuhan pakan untuk puyuh petelur adalah berada disekitar 22 gr hingga 23 gr perekor perhari. Masa produksi bertelur  puyuh adalah selama 14 bulan hingga 18 bulan. Setelah itu puyuh dapat diafkir dan dimalai lagi pemeliharaan bibit baru.

Kebutuhan Pakan Puyuh Sampai Bertelur Dan Pemberian Jamu

Untuk menunjang program pemeliharaan perlu juga kita perhatikan pemberian multivitamin untuk puyuh, diama tujuannya adalah memberikan  kesehatan yang prima untuk menunjang pemeliharaan selanjutnya. Pemberian multivitamin dapat juga sebagai salah satu sarana untuk meratakan tingkat bobot puyuh yang kita pelihara sehingga pada saat memasuki masa produksi puyuh sudah memperoleh bobot badan rata sehingga produksi telur dapat dipastikan merata pula. Untuk menunjang pertumbuhan dpat juga memberikan ramuan jamu yang khusus untuk unggas Jamu Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam )

Demikianlah penjelasan dan penjabaran tentang kebutuhan pakan puyuh mulai umur 1 hari ( DOQ ) hingga mulai bertelur (umur 40 hari ) . Penjelasan diatas adalah sesuai dengan pelaksanaan di beberapa kandang kemitraan dan juga kandang pribadi yang bersedia memberikan keterangan  tentang management dan kebutuhan pakan yang diperlukan puyuh. Salam

Semoga Bermanfaat

Sumber duniaunggas.com dan kemitraan

 

About the author

admin

Leave a Comment