duniaunggas.com –  Penyakit gomboro pada puyuh dan cara pengobatannya. Sebelum kita membahas cara pengobatan gumboro ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu Penyakit Gumboro Pada Puyuh. Penyakit gumboro biasa disebut Infectious Bursal Deases atau kelenjar bulat yang berada diatas kloka atau dubur puyuh. Penyakit gumboro pada puyuh sering menyerang pada musin peralihan musim ataun pergantian musim ( iklim ).

penyakit gumboro pada puyuh

puyuh sehat bebas penyakit

Ciri Ciri Penyakit Gumboro Pada Puyuh

  • Kondisi puyuh tampak lesu
  • Puyuh tampak mengantuk
  • Bulu layu dan mengkerut
  • Terdapat kotoran berwarna putih yang hampir sama dengan Pullorum
  • Suka mematuk kloaka sendiri
  • Biasanya puyuh yang mati akan cepat sekali membusuk

Penyakit gumboro dapat berkembang biak dengan membelah sel  antara 18 – 36 jam. Dan dapat menyebabkan kematian pada puyuh pada usia serangan ke-3 sampai dengan hari ke-5. Jika kita melakukan bedah bangkai hal yang mudah diamati adalah terjadinya pembesaran pada hati dan limpa.

Penyebaran Penyakit Gumboro Pada Puyuh

Seluruh puyuh dalam kandang dapat tertular penyakit gumboro dari yang satu ke yang lainnya. Dengan kematian pada hari ke 3 sampai hari ke-5. Penyebaran penyakit dalam melalui pakan, air minum, kotoran puyuh yang terserang, pakan yang dimuntahkan serta peralatan kandang yang sudah tercemar. Biasanya tidak ada hewan lain yang dapat membawa virus ini.  Virus Gumboro dapat bertahan hidup di dalam tanah atau kandang selama 122 hari.

Pengobatan penyakit Gumboro Pada Puyuh

Penyakit gomboro disebabkan oleh virus. Maka tidak ada obat yang ampuh untuk mengobatinya. Baik menggunakan antibiotik serta sulfonamide. Namun dengan memberikan vitamin yang mengandung Eletrolit (anti stres) mampu memperbaiki kesehatan puyuh yang sudah terserang. Serangan penyakit gumboro berlangsung selama 4 sampai dengan 7 hari. Jamu Herbal Untuk Unggas (Puyuh Dan Ayam)

Penceghan Penyakit Gumboro Pada Puyuh

Tata laksana pemeliharaan yang baik. kebersihan dan pencegahan alat-alat terhadap pencemaran virus gumboro sangat penting untuk mencegah dan mengurangi kejadian penyakit ini.
Cara yang mudah untuk mencegah penyakit gumoro adalah dengan penerapan bio-security. Pemberian Vaksin Gomboro pada puyuh yuang sehat dan atau pada sebelum adanya serangan Gomboro.

Manajemen pemeliharaan

penyakit gumboro pada puyuh

puyuh sehat

Manajemen pemeliharaan berengaruh pada keberhasilan peternakan puyuh. Untuk mendapatkan hasil yang baik, yang paling utama adalah menciptakan kondisi dan tempat yang nyaman. Kondisi kandang yang nyaman, terhindar dari stres,sirkulasi udara yang baik, rendah amonia, selalu tersedia pakan dan air minum yang bersih sepanjang hari, dan juga dengan program vaksinasi terhadap berbagai agen infeksius yang tepat diharapkan burung puyuh terhindar dari berbagai jenis penyakit. Dengan begitu puyuh dapat tumbuh kembang dan berproduksi optimal. Sesuaikan kepadatan puyuh dalam kandang. Jumlah ideal puyuh dalam kandang adalah Panjang kali Lebar dibagi dua ratus ( P x L : 200 ) Berikan juga Jamu Unggas, Cara Membuat Dan Bahannya

Pada minggu pertama pemelihraan merupakan masa pertumbuhan DOQ yang paling cepat. Berat badan DOQ mampu mencapai 2 kali lipat dari mulai menetas. Dan dapat dikatakan pada saat ini merupakan pertumbuhan masa penentu kedepannya. Jika pada masa broodingberjalan dengan baik, maka penyerapan antibodi induk terhadap IBD yang ada dalam kuning telur bisa terserap dengan sempurna. Sehingga anakan puyuh bisa mengatasi infeksi IBD dini yang bersifat subklinis. Baca juga Pengaturan Pencahayaan Kandang Puyuh Petelur

Program Kesehatan Penyakit Gumboro Pada Puyuh

Kasus Gumboro bisa terjadi jika kekebalan tubuh lemah dan virus lapangan lebih cepat sampai di bursa. Hal ini bisa terjadi karena kondisi puyuh yang stres, antibodi induk yang rendah, strain virus vaksin yang dipakai tidak cocok dengan virus yang ada di lapangan.
Meminimalisir faktor pencetus stres bagi puyuh sangat penting terutama pada awal kehidupan anak puyuh.
Jika burung puyuh menderita cekaman baik karena faktor internal ataupun eksternal bisa mengakibatkan daya tahan tubuh ayam menurun. Berikan Jamu Herbal Untuk Unggas (Puyuh Dan Ayam) 

Jumlah virus di lapangan yang tinggi akan meningkatkan resiko terkena Gumboro. Antibodi induk hanya bisa melindungi sampai umur sekitar 2-3 minggu, dan daya netralitasnya pun terbatas, jika agen infeksi yang harus dinetralkan terlalu banyak, jumlah antibodi tidak bisa mencukupi sehingga puyuh akan kalah juga. Untuk mengurangi kerja puyuh dalam menetralkan, meminimalkan jumlah virus di lapangan sangatlah penting. Dengan cara semprot Manfaat Daun Sirih Untuk Unggas ( Puyuh Dan Ayam )

Ini dilakukan dengan persiapan kandang yang benar-benar baik sebelum DOQ tiba.
Sebelum dipakai kandang harus dicuci dan disemprot desinfektan. Penyemprotan desinfektan dan insektisida ke seluruh ruangan  kandang perlu dilakukan untuk membasmi serangga dan virus yang menempel pada kandang.
Penyemprotan secara rutin setelah puyuh masuk kandang akan sangat membantu meminimalisir virus.
Pemberian 0bat atau jamu selama 3-5 hari pertama akan membantu mengeliminasi bakteri yang ada pada anak puyuh. Selain itu dengan memperkuat kondisi tubuh anak puyuh dengan pemberian multivitamin secara rutin akan membantu mengurangi pengaruh serangan penyakit pada puyuh.

Bio-Security Penyakit Gumboro Pada Puyuh

Biosekuriti merupakan suatu tindakan pengamanan biologi yang bertujuan untuk mencegah masuknya agen-agen bibit penyakit ke tubuh puyuh. Tidak hanya meliputi proses desinfeksi kandang. Kasus Gumboro tidak bisa kita anggap sepele, baik berat ataupun ringan akan merugikan peternakan kita. Tentunya dengan mengurangi faktor-faktor penyebab. Sikap disiplin dan konsistensi dalam penerapan manajemen pemeliharaan seperti persiapan kandang yang baik, pemilihan DOQ yang berkualitas. Menjalankan manajemen pemeliharaan yang sesuai stándar, penerapan biosekuriti yang konsisten. Pemilihan jenis vaksin dan waktu vaksinasi yang tepat diharapkan bisa menekan bahkan menghilangkan kasus IBD di peternakan kita. Sehingga kerugian ekonomis akibat IBD bisa kita hindari sedini mungkin.

Semoga Bermanfaat

Sumber duniaunggas.com dan berbagai sumber

About the author

admin

Leave a Comment